Saeful Kurnia - Web Blog

Logo MS-DOS yang dibuat oleh Microsoft Corp.
Yang dulu sebuah perusahaan kecil, dan kini menjadi
perusahaan yang tercata mampu menguasai pasar
perangkat lunak seluruh dunia.
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/MS-DOS

Koputer IBM. Yang menggunakan
Sistem Operasi Main Stream
Ya, begitulah MS-DOS, yang sebagaimana disebutkan dan dijelaskan dalam wikipedia. MS-DOS adalah sebuah sistem operasi mainstream. Apa itu sistem operasi mainstream? Silahkan buka command prompt yang tersedia di sistem operasi windows yang anda gunakan. Setelah selesai anda buka, anda akan punya presepsi sendiri tentang sistem operasi mainstream.

Apa kaitannya dengan pascal?

Sistem Operasi mainstream yang telah dijelaskan pada umumnya seluruh perangkat lunak yang digunakan adalah mainstream. Artinya setiap perangkat lunak itu hanya berupa Input dan Output, tanpa grafis. Seringkali kita membuka Command Prompt pada sistem operasi sebagai sebuah aktifitas tertentu. Misalnya menggunakan attrib, ping, chkdsk, dan maupun yang lainnya. Perintah-perintah tersebut sebenarnya merupakan suatu aplikasi. Tidak percaya? Bukalah C:\Windows\System32 atau drive penginstalan Windows anda yang lain, lalu cari aplikasi seperti ping, attrib, atau chkdsk.
Aplikasi mainstream
Melalu gambar diatas, mungkin anda telah mengenal apa aplikasi mainstream itu. Dan sebenarnya anda telah menggunakannya sehari-hari. Perlu diingat sekali lagi bahwa perintah-perintah yang sebenarnya ada di Command Prompt berasal dari aplikasi yang lain... Artinya disini Command Promt hanya sebagai media untuk mengakses aplikasi tersebut secara global. Dikarenakan Sistem yang mengatur windows tergantikan Oleh Sistem Operasi GUI Microsoft, maka disini Command Prompt hanya sebagai tambahan. Dan sebenarnya penggunaanya tak jauh beda dari MS-DOS, meskipun ada beberapa yang dikurangi.

Aplikasi mainstream. CHKDSK buatan Microsoft Corp.
Kaitannya dengan pascal adalah bahwa di Pascal anda membuat aplikasi basis mainstream. Artinya, user hanya mengetik perintah. Cocok atau tidak cocok dengan perintah yang ada? Berapa parameter yang harus ada? Lalu apa aktifitas yang akan dilakukan bila kita mengakses perintah tersebut? Apakah anda bingung? Bila ya, coba buka Command Prompt lalu ketikan chkdsk.

Terlihat di gambar bahwa itulah bentuk aplikasi mainstream. Nah, disini anda telah mengenal apa yang dimaksud dengan mainstream. Selanjutnya anda tinggal mengenal apa yang dimaksud Parameter Program. Yang dimana itu adalah hal yang sering digunakan, sebagai interaksi komputer dengan aplikasi yang kita buat.

Parameter Program

Aplikasi mainstream. PING.
Parameter program. Sama halnya seperti input yang lainnya. Namun disini, parameter program adalah khusus. Artinya bila kita mengakses suatu aplikasi mainstream yang kita buat, mungkin ada dua kemungkinan. Pertama aplikasi tersebut meminta kesesuaian jumlah parameter, atau kedua tanpa meng-input parameter. Contoh aplikasi yang mengandung parameter program adalah ping.

Peran parameter sangatlah penting untuk sebuah interaksi dengan user. Karena parameter meminta suatu input agar perintah yang diminta berjalan sesuai keinginan pengguna. Alhasil, program yang kita buat pun terbilang kompleks dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Dalam dunia aplikasi mainstream zaman sekarang, tak ada aplikasi yang berskala Enterprise atau Berskala besar. Jikalau ada, mungkin akan rugi. Karena di waktu sekarang ini semua orang menggunakan Aplikasi yang berbasis GUI. Karena lebih mudah dari aplikasi mainstream yang banyak menggunakan keyboard.

Karena bahasa pascal pada dasarnya adalah untuk memberikan konsep awal bagaimana cara konsep membuat aplikasi di zamannya. Maka, itulah pascal. Berbeda dengan bahasa object pascal. Yang telah bisa membuat aplikasi berbasis GUI. Contohnya Delphi, Borland Delphi (Sekarang berganti nama menjadi Embarcadero Delphi). Delphi merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk membuat aplikasi yang berbasis GUI. Tentunya ada pengembang Delphi yang sudah meng-abstraksikan bagaimana membuat aplikasi berbasis GUI tersebut. Pengguna hanya tinggal menggunakan saja, abstraksi dan implementasi yang sudah  ada.

Categories:

One Response so far.

  1. saya mau tanya apa ada perusahaan yang masih menggunakan sistem operasi DOS ?

Leave a Reply

Berikan komentar?